Rahasia Tarikan Senar

Rahasia Tarikan Senar

Dikutip dari " Victor Indonesia " (http://id.victorsport.com)

Tidak peduli apakah Anda seorang pemula atau telah bermain bulu tangkis selama bertahun-tahun, Anda mungkin telah terganggu oleh tiga pertanyaan besar dalam bulutangkis
1. Tipe raket apa yang cocok dengan saya?
2. Tipe senar apa yang harus saya pilih?
3. Berapa tarikan senar yang sesuai untuk raket saya?

Memang, Raket, Tipe senar dan Tarikan senar adalah tiga faktor utama yang mempengaruhi rasa ketika Anda bermain. Secara umum, ketiga urutan untuk efek pada rasa , dari efek terbesar ke terendah : Raket > Tarikan senar > Tipe senar.

Pengenalan tipe-tipe senaran badminton pada artikel ini merupakan pengantar mendalam untuk tarikan senar.


 

Tarikan senar tinggi dan rendah

Secara umum, semakin tinggi tarikan senar, kontrol dan elastisitas shuttlecock akan lebih baik dan sementara pada tarikan senar yang rendah pengendalian pada shuttlecock akan menjadi lebih sulit. Ketika tarikan senar tinggi, senar relatif keras yang berarti shuttlecock dan wajah raket berada dalam kontak untuk waktu yang relatif singkat. Waktu kontak yang singkat berarti bahwa senar memiliki efek yang relatif sedikit ketika shuttlecock yang terkena dan kontrol shuttlecock lebih mudah.

   Tarikan Tinggi Tarikan Rendah
Kelebihan
Kontrol shuttlecock yang baik
Kecepatan awal saat shuttlecock dipukul cepat, memberikan keuntungan untuk pukulan di depan net
Senar Rendah elastisitas  dan pantulan ,rendah gangguan pada saat kok dipukul

Elastisitas senar yang baik dapat memberikan tenaga lebih

Memukul jauh hanya  membutuhkan sedikit usaha atau tenaga
Kurang beban di pergelangan tangan dan lengan
Kekurangan
Lebuh banyak usaha untuk pukulan panjang 
Beban lebih di pergelangan tangan dan lengan
Kontrol kurang pada shuttlecock
Tenaga mudah hilang pada saat shuttlecock dipukul


Ketika tarikan senar terlalu tinggi, rendahnya jumlah depresi di senar berarti waktu kontak antara shuttlecock dan raket relatif singkat pendek sehingga jika tenaga tidak cukup kuat, kok akan melayang pelan . Ketika tarikan senar terlalu rendah, banyaknya depresi di  senar berarti kontak antara raket wajah dan shuttlecock lebih panjang, yang berarti bahwa kekuatan dari tenaga instan kekuatan tidak dapat sepenuhnya dipindahkan ke kok.

Senar lembut (tarikan rendah):
1. Pada saat shuttlecock terkena perubahan bentuk yang besar yang disebabkan oleh penerimaan tenaga.
2. Shuttlecock tetap meghadap pada raket untuk waktu yang relatif lama.
Senar keras (tarikan tinggi):
1. Pada saat shuttlecock terkena perubahan bentuk kecil yang disebabkan oleh penerimaan tenaga.
2. Shuttlecock tetap menghadap pada raket untuk waktu yang relatif singkat.
Diagram showing degree of
depression of the string bed
 



Bagaimana memilih tarikan senar yang pas

Ketika memilih tarikan senar yang tepat, pertimbangan utama adalah harus kekuatan instan / kekuatan hentakan pukulan yang cukup berarti diperlukan pemain yang mampu memukul dengan kekuatan instan yang kuat ); ketika gaya instan cukup kemudian berpengaruh pada pengendalian shuttlecock yang dapat dipertimbangkan.

Kecocokan "perkiraan tarikan senar tidak mengacu pada angka tarikan senar tertentu . Pada titik ini saya akan berbagi rahasia dengan Anda semua: dari saat awal raket disenar,senar mulai kehilangan atau berkurangnya tarikan senar berat dlm pon. Banyak pemain mungkin berpikir bahwa "saya bisa bermain untuk waktu yang lama setelah raket saya disenar sebelum saya mulai merasakan perkiraan tarikan terlalu rendah" dan ini adalah karena tarikan senar yang pas untuk setiap individu adalah berbeda-beda, seperti 22- 26 atau 25-29 lbs.

Anda dapat meminjam raket dari sesama pemain dan mencoba melakukan beberapa pukulan dengan raket tersebut yang memiliki angka tarikan senar yang berbeda untuk mencari tahu berapa tarikan senar yang paling cocok untuk Anda. Pada dasarnya, asalkan tidak merasakan adanya ketidaknyamanan atau kurangnya kelancaran saat melakukan pukulan, tarikan senar dipastikan cocok .

 

Tarikan senar tidak selalu "lebih tinggi lebih baik."

Tarikan senar tinggi memiliki kelebihan tetapi juga memiliki efek samping, yang paling terasa adalah  tenaga instan yang dibutuhkan akan meningkat sebagaimana besarnya tarikan senar yang tinggi ; ini berarti bahwa memilih tarikan senar yang benar itu tentu bukan kasus "yang lebih tinggi lebih baikdan pemain harus mempertimbangkan atas kemampuan dan teknik mereka dan kemudian memilih tarikan senar yang sesuai dengan mereka inginkan.

Setiap orang harus ingat bahwa tidak peduli apakah tarikan senar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah , Anda akan harus membuat usaha ekstra dengan setiap pukulan yang dilakukan; jadi jika Anda merasa "Dibutuhkan lebih banyak tenaga untuk melakukan pukulan daripada biasanya dengan tarikan senar ini" maka inilah saatnya untuk anda mulai menyesuaikan kembali tarikan senar pada raket anda.

 

Contoh "Jika seorang pemain memakai tarikan senar dengan tensi 26 - 29lbs , ini terlalu tinggi atau terlalu rendah ....

Pada saat tarikan terlalu rendah , anda akan merasakan hal seperti ini saat memukul
:

1.. Ketika bermain smash, Anda akan merasa seperti kekuatan menghilang saat shuttlecock yang terkena, tidak terkonsentrasi dan shuttlecock tidak terpukul keras
2. Seperti dijelaskan di atas, karena disipasi power  lebih dibutuhkan untuk mendapatkan pukulan yang berkualitas,yang berarti bahwa dibutuhkan kekuatan extra
3. Ketika memainkan drive (pada saat dampak dan setelah) kecepatan tembakan akan merasa lebih lambat dari seharusnya.

Pada saat tarikan terlalu tinggi , anda akan merasakan hal seperti ini ketika memukul:

1. Waktu kontak antara raket dan shuttlecock terlalu pendek sehingga daya memiliki waktu cukup untuk ditransfer.
2. Seperti di atas, hanya 80% dari daya yang digunakan dalam tembakan sebenarnya ditransfer ke shuttlecock sehingga menimbulkan rasa "bermain pukulan jauh membutuhkan usaha dan tenaga yang lebih banyak  dan shuttlecock hanya terbang dengan jarak yang relatif pendek" 
Write By: Tirta Sport Published In: Bulutangkis Created Date: 2013-03-11 Hits: 3207 Comment: 0